LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 3 SENTOLO

Maulina Dewi Agustika, Maulina Dewi Agustika (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 3 SENTOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
P.IPS MAULINA DEWI AGUSTIKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan danmerupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu sama lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus s.d. 12 September 2015. Praktek Pengalaman Lapangan berjuan untuk memberikan pengalaman belajar yang baik dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah serta memberikan gambaran dan pengalamn langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolahan dan pendanaan yang efektif dan efisien. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan yaitu Observasi ke sekolah, persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas VII C dan VII D dengan Mata Pelajaran Pendidikan Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum yang digunakan adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Adapun materi pokok yang diampu pada kelas VII pada mata pelajaran IPS adalah Keragaman Bentukbentuk Muka Bumi. Alokasi waktu untuk mata pelajaran IPS adalah 2 x 40 menit per pertemuan. Metode yang digunakan yakni ceramah bervariasi, Diskusi, Tanya Jawab, Snow Ball, Talking Stick dan Make A makch. Pada pelaksanaan PPL praktikan juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat pembelajaran. Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi pratikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaiman menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal yang penting harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 3 Sentolo, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34571

Actions (login required)

View Item View Item