LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 4 WATES

Tri Suharyani, Tri Suharyani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 4 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Suharyani_Pend Seni Rupa.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PPL UNY di SMP Negeri 4 Wates merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh UPPL UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMP Negeri 4 Wates tahun 2015 ini. SMP N 4 Wates berlokasi di Jl Terbahsari 3, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan PPL di SMPN 4 Wates dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 di kelas VII A sampai kelas VII E. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, Pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 4 Wates. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan RPP (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMP Negeri 4 Wates telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. PPL di SMP N 4 Wates juga membantu proses persiapan berbagai kegiatan yang telah direncanakan pihak sekolah. Adapun hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PPL di SMP N 4 Wates ini yaitu kami mampu memahami bahwa dalam sebuah pengajaran diperlukan strategi belajar pada tiap-tiap kelas, karena setiap kelas memiliki potensi masing-masing dan juga kreativitas guru sangatlah dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas dan juga untuk mengkondisikan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik, pendidik, sekolah, kreativitas, guru
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34570

Actions (login required)

View Item View Item