LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N 4 WATES

Tejo Mukti Wibowo, Tejo Mukti Wibowo (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N 4 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tedjo Mukti W_Pend Bahsa Jawa.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan ilmu teoretis yang sudah diperoleh dari bangku perkuliahan. Pelaksaan kegiatan PPL ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori selama perkuliahan tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual secara nyata di lapangan. Kegiatan PPL dilaksanakan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah. Hasil dari pembelajaran tersebut digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan secara profesional. Kegiatan PPL dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pembelajaran langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Wates. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar terbimbing di dalam kelas dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi kegiatan pengajaran terbimbing dengan guru pembimbing sebanyak 4 kali pertemuan dengan RPP yang berbeda. Kegiatan pembelajaran dilakukan untuk enam kelas yaitu dari kelas VIII A sampai dengan kelas VIII F. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, ceramah, cross word, dan penugasan. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Kegiatan non mengajar meliputi pendampingan-pendampingan seperti TVRI masuk sekolah, ekstrakurikuler pramuka, lomba tonti, lomba drumb band, pelatihan drama musikal, dan pelatihan upacara bendera. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34568

Actions (login required)

View Item View Item