Amin Nurjayadi, Amin Nurjayadi (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI 3 PENGASIH Jalan Pracoyo No. 1 Pengasih Kulon Progo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN.pdf Download (511kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Strata 1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah sebagai seorang pendidik. PPL menghadapkan pada interaksi langsung dengan siswa, guru, dan juga kultur sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan selama satu bulan terhitung dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Kegiatan PPL berlokasi di SD N 3 Pengasih. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, kegiatan PPL diawali dengan kegiatan observasi. Kegiatan PPL tahun ini meliputi: observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam pelaksanaan PPL ini, penulis berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas I, III, VI, II, IV. kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada KTSP. Metode pembelajaran yang digunakan adalah demonstrasi, praktik, komando, diskusi. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah contoh orang sesungguhnya. Peralatan yang digunakan antara lain bola, kun, simpai dan peralatan olahraga lainnya. Dalam ketentuan PPL mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar minimal 4 kali tatap muka, namun pada pelaksanaannya mahasiswa praktikan tampil sebanyak 5 kali tatap muka, dengan alokasi waktu setiap pertemuan adalah 4 x 35 menit. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu penulis mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu penulis juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dengan siswa, guru, dan warga sekolah lainnya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan, Perangkat Pembelajaran, Proses Pembelajaran. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 06:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |