LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 4 WATES

Rendy Swastawan Seles, Rendy Swastawan Seles (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 4 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rendy Swastawan S_Pend Seni Rupa.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan yang biasa disingkat PPL merupakan program yang dilaksanakan oleh UPPL UNY. Program ini ditujukan untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Dengan diadakannya program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat khususnya dalam dunia pendidikan. Program PPL ini dilaksanakan di kelas IX A sampai IX E, SMP N 4 Wates yang berlokasi di Jl Terbahsari 3, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat terlibat secara aktif dalam dunia pendidikan selama satu bulan yang dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat melatih kemampuannya dalam hal kegiatan pembelajaran yang ada di lembaga sekolah, Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sebagai bekal guna melaksanakan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 4 Wates. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan RPP (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMP Negeri 4 Wates telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. PPL di SMP N 4 Wates juga membantu proses persiapan berbagai kegiatan yang telah direncanakan pihak sekolah. Adapun hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PPL di SMP N 4 Wates ini yaitu mampu memahami pada proses pengajaran diperlukan strategi mengajar bahkan pada beberapa kelas mempunyai perlakuan yang berbeda, dalam hal ini kreativitas guru sangatlah dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas dan juga untuk mengkondisikan kelas agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik, pendidik, sekolah, kreativitas, guru
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34561

Actions (login required)

View Item View Item