IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR SIBERNETIK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEKNIK BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN TAHUN 2009

Pradoto, - (2009) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR SIBERNETIK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEKNIK BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN TAHUN 2009. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text (document)
THE_IMPLEMENTATION_OF_CYBERNETIC_THEORY_TO_IMPROVE_MATHEMATICS_LEARNING_FOR_THE_STUDENTS_OF_MECHANICAL_ENGINEERING_2009.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini pertama, untuk mengetahui tahap-tahap penyelesaikan aplikasi integral tertentu dalam matakuliah matematika teknik yang dibangun dari teori belajar sibernetik, kedua untuk mengetahui divergensi dari soal-soal aplikasi integral tertentu dalam matakuliah matematika teknik dan ketiga adalah untuk mengetahui apakah implementasi teori belajar sibernetik dalam pembelajaran matakuliah matematika teknik dapat meningkatkan prestasi hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok belajar, satu kelompok dikenakan perlakuan sedangkan kelompok yang lain sebagai kelompok control. Kelompok perlakuan diberi pembelajaran dengan teori sibernetika sedangkan kelompok control diberi pelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam 2 kelompok belajar yang menempuh matakuliah matematika teknik, yaitu kelompok pada kelas B dan D Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2008. Jumlah mahasiswa dalam kelas B adalah 32 sebagai kelompok perlakuan sedangkan dalam kelas D adalah 49 sebagai kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive dan semua mahasiswa dalam populasi dijadikan sampel penelitian, jadi dalam penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dalam penelitian ini diambil dengan instrumen tes matakuliah matematika teknik yang berjumlah 5 butir berisi soal-soal aplikasi integral tertentu meliputi perhitungan luas bidang, panjang busur, luas benda putar, momen inersia dan tekanan zat cair. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara kualitatif yaitu melihat rerata skor yang diperoleh kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama ada 7 tahap dalam penyelesaian soal aplikasi integral tertentu, kedua divergensi dalam soal matematika teknik dapat dilakukan dengan mengubah konstanta, fungsi integrand, posisi benda dan variabel yang digunakan, ketiga bahwa pembelajaran dengan teori belajar sibernetika dapat meningkatkan hasil prestasi belajar mahasiswa dalam matakuliah matematika teknik. Rerata skor yang diperoleh kelompok perlakuan dalam kelas B adalah 186,875, sedangkan rerata skor yang diperoleh kelompok control dalam kelas D adalah 152,857. Dari perbandingan kedua rerata tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok yang diberi perlakuan pembelajaran dengan teori sibernetika ternyata lebih baik dari kelompok control.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item