LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Akbar Ali Pratama, Akbar Ali Pratama (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1, 2 DAN 3.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Program PPL/ Magang III adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III yang bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada praktikkan dalam bidang pembelajaran dana managerial di sekolah dalam rangka membentuk, melatih, dan mengembangkan individu yang berkarakter dan professional di bidangnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kami laksanakan di SD Negeri 3 Pengasih sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa (penulis) berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas II, VI, V, III, I. kurikulum yang digunakan di SD Negeri 3 Pengasih adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada KTSP. Metode pembelajaran yang digunakan adalah demonstrasi, praktik, komando, diskusi. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah contoh orang sesungguhnya. Peralatan yang digunakan antara lain bola, kun, simpai dan peralatan olahraga lainnya. Dalam ketentuan PPL mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar minimal 4 kali tatap muka, namun pada pelaksanaannya mahasiswa praktikan tampil sebanyak 5 kali tatap muka, dengan alokasi waktu setiap pertemuan adalah 4 x 35 menit Hasil dari pelaksanaan PPL di SD Negeri 3 Pengasih terdiri atas PPL terbimbing yang terlaksana sebanyak 3 kali, dan praktek mengajar mandiri sebanyak 2 satu kali. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL yang kami laksanakan pada umumnya berjalan dengan baik, lancar, dan dapat menerapkan semua kompetensi yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik khususnya dibidang pendidikan jasmani agar nantinya dapat menjadi pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program PPL, hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34558

Actions (login required)

View Item View Item