Novandaru Dwi Cahyo Nugroho, Novandaru Dwi Cahyo Nugroho (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2015 LOKASI SMP N 4 WATES Jl. Terbahsari No. 3, Wates, Kulon Progo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Novandarau Dwi C N_PJKR.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima dari perkuliahan. Pengalaman yang nyata mengenai persiapan, pelaksanaan, evaluasi hingga analisis proses pembelajaran akan diperoleh oleh mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PPL. Pengalaman ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika mahasiswa telah menjadi tenaga pendidik yang sebenarnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 4 Wates. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar didalam maupun di luar kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Syarat dari pengajaran pada kegiatan PPL yakni melakukan kegiatan pengajaran minimal 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pada kenyataannya, praktikan membuat 8 RPP. Kelas yang diajar sebanyak 10 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F. SMP N 4 Wates dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan kurikulum 2006 (KTSP) dan menggunakan metode Ekplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK). Model pembelajaran yang digunakan antara lain ; Teaching Game For Understanding (TGFU), Kooperatif Learning, Resiprokal, PeerTeaching, dll. Kendala yang dialami praktikan ketika melakukan kegiatan pengajaran antara lain dalam pengelolaan kelas saat beberapa siswa sulit untuk dikondisikan. Kegiatan PPL ini memberikan pengalaman dan gambaran nyata kepada praktikan tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Dengan terselesainya kegiatan PPL ini, diharapkan ketika praktikan telah menjadi tenaga pendidik akan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMP N 4 Wates, Pembelajaran, Pengalaman. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 06:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |