LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Deri Randani, Deri Randani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL DERI RANDANI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana mahasiswa kependidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa kependidikan untuk mempraktikan teori-teri yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 2 Wates yang beralamat di Bendungan, Wates Kulon Progo. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMAN 2 Wates, praktikan mengajarkan materi Sosiologi kelas X IPS 2, XI IPS 2, dan XI IPS 3 yang bertepatan dengan semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar agar yang disampaikan lebih terencana dan terstruktur. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 2 Wates yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Wates, pratikan mendapat kesempatan mengajar selama 11 Jam Pelajaran (JP) dalam seminggu. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu secara administratif pratikan dapat membuat RPP hingga melakukan evaluasi terhadap siswa. Dan hasil secara tersirat adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34549

Actions (login required)

View Item View Item