LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 WATES

M. Farid Febrika Ulfan, M. Farid Febrika Ulfan (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bender.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya dari pada Program Pengenalan Lapangan adalah terbentuknya pribadi calon guru yang nantinya memiliki segudang pengetahuan yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan dapat digunakan dalam penyelengaraan pendidikan. Karena melalui Program Pengenalan Lapangan (PPL) semua teori-teori yang telah diperoleh dari perguruan tinggi dapat diaplikasikan dan diterapkan secara terpadu dan terintegrasi sesuai dengan kaidah-kaidah dalam lembaga pendidikan tenaga pendidikan sehinga terbentuk pribadi guru yang memiliki profesionalitas dan kemampuan untuk mengembangkan dunia pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 2 Wates mulai tanggal 10 Agustus s/d 12 September 2015. PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Pamong terhadap perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa Jurusan Sejarah cukup baik. komponen dalam perencanaan pembelajaran sudah dicantumkan semua. Substansi yang tercantum dalam perencanaan pembelajaran harus lebih dipahami mahasiswa PPL Jurusan Sejarah untuk dapat menghasilkan perencanaan pembelajaran yang baik. Persepsi Guru Pamong terhadap proses pembelajaran yang sudah dilakukan oleh mahasiswa PPL Jurusan Sejarah kurang baik, terlihat beberapa mahasiswa kurang percaya diri dalam menghadapi siswa. Pengelolaan dan penguasaan kelas ang dilakukan mahasiswa PPL Jurusan Sejarah masih kurang maksimal. Media dan metode pembelajaran yang digunakan mahasiswa PPL Jurusan Sejarah kurang maksimal dan kurang variatif. Selain itu, penguasaan materi mahasiswa PPL masih kurang baik. Persepsi Guru Pamong terhadap evaluasi pembelajaran yang sudah dibuat oleh mahasiswa PPL Jurusan Sejarah cukup baik, sudah terlihat kesesuaian antara evaluasi dengan perencanaan dan proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Implikasi dari tujuan pembelajaran yang tercantum pada perencanaan pembelajaran belum sepenuhnya terlihat pada evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa PPL Jurusan Sejarah. Evaluasi pembelajaran memang merupakan kesulitan bagi guru atau calon guru, sehingga dibutuhkan lebih banyak latihan dan pengalaman untuk dapat membuat evaluasi pembelajaran yang baik. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, baik kelompok maupun individu penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34538

Actions (login required)

View Item View Item