HUBUNGAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELOLAAN USAHA JASA BOGA (PUJB) DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI KEAHLIAN TATA BOGA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Purnamita, Nisa Sepdifa (2012) HUBUNGAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELOLAAN USAHA JASA BOGA (PUJB) DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI KEAHLIAN TATA BOGA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nisa Sepdifa Purnamita 07511241017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui gambaran pembelajaran praktik kewirausahaan (PUJB) siswa SMK Negeri Keahlian Tata Boga di DIY;2)mengetahui gambaran motivasi berwirausaha siswa dalam pembelajaran praktik pengelolaan suaha jasa boga (PUJB) di SMK Negeri Keahlian Tata Boga DIY;3)untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran praktik kewirausahaan dengan motivasi berwirausaha siswa SMK Negeri Tata Boga di Provinsi DIY. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2011sampai dengan Februari 2012. Tempat penelitian pada SMK Negeri Jurusan Tata Boga Provinsi DIY antara lain : SMK N 6 Yogyakarta, SMK N 4 Yogyakarta, SMK N 1 Sewon, SMK N 2 Godean, dan SMK N 3 Wonosari. Desain penelitian menggunakan ex-post facto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 430 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan jenis simple random samplingsebanyak 228 peserta didik. Uji coba instrumen di SMK N 3 Wonosari dengan 30 orang responden. Hasil Uji Coba Validasi menggunakan perhitungan korelasi Product Moment dan hasil Reliabilitas menggunakan perhitungan Cronbach Alpha dengan hasil 0,697 yang berarti reliabilitas penelitian baik. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik Observasi dan teknik Angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan linieritas. Hasil Penelitian ini adalah 1) hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk variabel pembelajaran praktik kewirausahaan observasi tertinggi berada pada nilai 15 dengan frekuensi 45 atau 48,2% dan terendah berada pada nilai 8 dengan frekuensi 2 atau 0,9% sedangkan hasil nilai mata pelajaran PUJB nilai tertinggi berada pada nilai 95 dengan frekuensi 70 dan terendah berada pada nilai 72 dengan frekuensi 2 ;2) kecenderungan variabel motivasi berwirausaha kategori yang paling mendominasi ada di interval 81-95 dengan kategori sedang;3)terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran praktik kewirausahaan (PUJB) dengan motivasi berwirausaha siswa SMK Negeri Tata Boga di Provinsi DIY dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,216>0,113 sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Praktik Kewirausahaan (PUJB), Motivasi Berwirausaha
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34532

Actions (login required)

View Item View Item