PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI HIMPUNAN BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Nurlianadewi, Randha Ayu and Hartono, Hartono and Wijaya, Aryadi (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI HIMPUNAN BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2 BAB I Pendahuluan.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II Kajian Teori.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) materi himpunan yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakana adalah model 4D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan penalaran matematis untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian berupa 5 RPP dan 9 unit LKS yang masing-masing menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education untuk materi himpunan yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis siswa. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kualifikasi valid ditunjukkan oleh rata-rata skor kevalidan RPP yaitu 4,24 dengan kriteria “sangat baik” dan rata-rata skor kevalidan LKS yaitu 4,21 dengan kriteria “sangat baik” dari skor maksimal 5,00. Kualitas perangkat pembelajaran memenuhi kualifikasi praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor respon siswa yaitu 4,28 dengan kriteria “sangat baik” dari skor maksimal 5,00 dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu 94% dengan kriteria “sangat baik”. Kualitas perangkat pembelajaran memenuhi kualifikasi efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa saat tes kemampuan penalaran matematis yaitu 84,37% dengan kriteria “sangat baik”. Kata kunci: perangkat pembelajaran, realistic mathematic education, kemampuan penalaran matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34520

Actions (login required)

View Item View Item