PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MELALUI TEKNIK KONTRAK PERILAKU (BEHAVIOR CONTRACT) PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA PAKIS DLINGO

Septi, Wahyuni (2016) PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MELALUI TEKNIK KONTRAK PERILAKU (BEHAVIOR CONTRACT) PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA PAKIS DLINGO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Septi Wahyuni_12111241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui teknik kontrak perilaku (behavior contract) di TK ABA Pakis Dlingo. Teknik kontrak perilaku (behavior contract)merupakan salah satu teknik behavior yang dapat digunakan untuk memperbaiki perilaku anak menjadi lebih baik menggunakan perjanjian antara anak dan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 Siklus mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok usia 5-6 tahun di TK ABA Pakis yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 9 laki-laki dan 5 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan anak dapat meningkat melalui teknik kontrak perilaku (behavior contract). Kedisiplinan anak dalam penelitian ini meliputi indikator datang tepat waktu, dapat menyelesaikan tugas sampai tuntas, menggunakan benda sesuai dengan fungsinya, mengambil dan mengembalikan benda pada tempatnya, berusaha mentaati aturan yang telah disepakati, dan tertib menunggu giliran.Tindakan yang dilakukan yaitu menyampaikan pentingnya kedisiplinan kepada anak, menjelaskan aturan kontrak perilaku yang harus dilakukan anak, dan memberikan penguatan untuk memperkuat perilaku anak. Ada tiga perbaikan yang diberikan oleh guru dalam pelaksanaan Siklus II antara lain: mempersingkat bahasa yang digunakan guru dalam penyampaian kontrak perilaku, menunjukkan gambar kontrak perilaku dan memberikan penguatan berupa benda. Kondisi awal kedisiplinan anak sebelum tindakan sebagian besar pada kriteria mulai berkembang. Setelah dilaksanakan tindakan Siklus ke I, kedisiplinan anak meningkat menjadi 71,42% pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan setelah Siklus II mencapai 85,71% pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) atau mencapai indikator keberhasilan. Kata kunci: kedisiplinan anak,teknik kontrak perilaku (behavior contract)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34516

Actions (login required)

View Item View Item