Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pengalaman Kerja, serta Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Pamong Belajar di Kota Medan

Mariah H, Silvia (2012) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pengalaman Kerja, serta Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Pamong Belajar di Kota Medan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-silvia-mariah-h-10704251003.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) kompetensi pamong belajar di Kota Medan, (2) pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi pamong belajar di Kota Medan, (3) pengaruh pengalaman kerja terhadap kompetensi pamong belajar di Kota Medan, (4) pengaruh motivasi kerja terhadap kompetensi pamong belajat di Kota Medan, dan (5) pengaruh pendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja, dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kompetensi pamong belajar di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang bersifat korelasional. Subyek penelitian adalah pamong belajar di Kota Medan yang berjumlah 45 orang. Pengumpulan data menggunakan angket model skala Likert. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk. Perhitungan reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Indeks/koefisien reliabilitas instrumen kompetensi pamong belajar sebesar 0,920, pendidikan dan pelatihan sebesar 0,845, pengalaman kerja sebesar 0,915, dan motivasi kerja sebesar 0,860. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis desktiptif, analisis korelasi parsial, dan analisis regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kompetensi pamong belajar di Kota Medan termasuk dalam kategori baik (rerata = 111,00 dari skor maksimum 160), pendidikan dan pelatihan termasuk dalam kategori baik (rerata = 45,44 dari skor maksimum 65), pengalaman kerja termasuk dalam kategori baik (rerata = 49,04 dari skor maksimum 70), dan motivasi kerja termasuk dalam kategori baik (rerata = 50,42 dari skor maksimum 75); (2) Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan terdapat pengaruh yang positif pendidikan dan pelatihan pamong belajar terhadap kompetensi pamong belajar berdasarkan koefisien korelasi parsial r1y-2,3 = 0,733; ß = 0,560; (3) terdapat pengaruh yang positif pengalaman kerja pamong belajar terhadap kompetensi pamong belajar berdasarkan koefisien korelasi parsial r2y-1,3 = 0,317; ß = 0,134; (4) terdapat pengaruh yang positif motivasi kerja pamong belajar terhadap kompetensi pamong belajar berdasarkan koefisien korelasi parsial r3y-1,2 = 0,543; ß = 0,337; dan (5) Hasil analisis regresi ganda menunjukkan pendidikan dan pelatihan pamong belajar, pengalaman kerja pamong belajar, dan motivasi kerja pamong belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif terhadap kompetensi pamong belajar dengan koefisien korelasi R = 0,959; F= 156,257, dan sumbangan efektif sebesar 92%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, pendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja, motivasi kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34514

Actions (login required)

View Item View Item