UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PELAJARAN BODI OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI-A SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Winarto, Agus (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PELAJARAN BODI OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI-A SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EFFORT_TO_IMPROVE_THESTUDENT_LEARNING_OUTCOMES_THROUGH_COORPERATIVE_LEARNING_JIGSAW.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata diklat perbaikan bodi otomotif siswa kelas XI/2 A SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, model pembelajaran yang digunakan adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Depok, Sleman, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI-A sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan, setelah itu siswa melakukan kegiatan diskusi. Langkah berikutnya yaitu mengerjakan Lembar Kerja Soal (LKS) dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok, dalam tahap ini siswa berdiskusi dengan teman kelompok ahli dan asal untuk membahas LKS yang dianggap kesulitan. Tahap selanjutnya adalah post test, untuk mengetahui keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Data di analisis dengan menggunakan analisi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI-A SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta dalam pembelajaran mata diklat Perbaikan Bodi Otomotif pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai adalah 3,8 (pre test) dan 5,0 (post test). Pada siklus II hasil belajar siswa rata rata nilai adalah 8,8 (post test). Sedangkan peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II sebesar 7,6%. Dengan demikian penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 7,6 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item