PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS STRUKTUR KATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB B.C BHAKTI PUTERA BAHAGIA KLATEN

Yudha, Tri (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS STRUKTUR KATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB B.C BHAKTI PUTERA BAHAGIA KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YUDHA TRI PRASETYA_09103244033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

elalui media teka teki silang pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti PuteraBahagiaKlaten. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian terdiri dari dua siklus dan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian merupakan anak tunarungu kelas dasar satu, yang berjumlah 1 anak. Penelitian dilakukan selama satu bulan dengan tekhnik pengumpulan data termasuk tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yangdigunakan yakni deskriptifkuantitatifdenganpersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis struktur kata pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti Putera Bahagia Klaten dapat ditingkatkan dengan media teka teki silang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan, berupa peningkatan kemampuan dalam penguasaan penulisan konsep huruf, penguasaan penulisan kata ≤ 6 huruf, dan penguasaan penulisan kata ≥ 6 huruf. Selain itu, juga terjadi perubahan perilaku seperti kemauan menyimak pada saat pembelajaran, lebih aktif selama pembelajaran, dan lebih termotivasi seperti aktif bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pada saat dilakukantest pra tindakan subjek belum mengerti apa yangharus dikerjakan, dan pada lembar soal masih dibantu dengan titik-titik berbentuk huruf. setelah diberi tindakan siklus 1 siswa mulai mengerjakan secara mandiri, tetapi belum belum memenuhi KKM, dilanjutkan dengan pemberian siklus 2. Hasil pencapaian sebelum penerapan media teka teki silang, nilai rata-rata subjek mencapai nilai 48,3 % pada (pre test), sedangkan setelah diberi perlakuan (post test) nilai ratarata mencapai 78,3%. Dengan demikian, diketahui bahwa subjek penelitian mengalami peningkatan nilai rata-rata sejumlah 30%. Dengan peningkatan nilai rata-rata 30% menunjukkan bahwa nilai peningkatan tersebut termasuk dalam kualifikasi baik. Hal Ini membuktikan bahwa kemampuan menulis strukutur kata dapat ditingkatkan melalui media teka teki silang pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti PuteraBahagiaKlaten.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 09:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34502

Actions (login required)

View Item View Item