PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SAINS KIMIA UNTUK SMP DAN MTs KELAS IX BERDASARKAN KURIKLILUM 2004

Erni , , Kristianingrum (2010) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SAINS KIMIA UNTUK SMP DAN MTs KELAS IX BERDASARKAN KURIKLILUM 2004. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN_LEMBAR_KERJA_SISWA_SAINS_KIMIA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian ini adalah menf;embangkan l,embar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran Sains Kimia untuk SMI' dan M"I's Kclas IX berdasarkan Kurikulum 2004 yang memcnuhi kritcria kualitas I,KS yang balk dan layak digunakan dan menilai apakah l,KS yang telah disusun memenuhi kriteria scbagai LKS yang bcrkualitas l5aik bcrdasurkaa penilaian guru kimia SMA. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu langkah-langkah pengembangan LKS Sains Kimia itu sendiri dan aspek-aspek penilaian kualitas LKS Sains Kimia yang telah disusun. LKS Sains Kimia ini disusun menurut prosedur pengembangan yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Modul dan I'aket Belajar dengan berpedoman pada Kurikulum 2004. 1'enilaian produk dalam penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu tahap I oleh dosen pembimbing dan peer reviewer, tahap 11 oleh ahli media, dan tahap III oleh guru kimia SMA (reviewer). Kualitas LKS Sains Kimia didasarkan pada penilaian yang dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA di Yogyakarta. Instrumen penilaian kualitas LKS Sains Kimia berupa angket berisi kriteria kualitas LKS Sains Kimia yang balk dan dijabarkan dari aspek penilaian yang ditetapkan. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya LKS mata pelajaran Sains Kimia untuk SMP dan MTs kelas IX berdasarkan Kurikulum 2004. Adapun skor ratarata penilaian kualitas LKS Sains Kimia untuk matcri pokok 1, 11, 111, dan IV berturut-turut sebesar 109 (SB); 105 (SB); 113 (SB); dan 107,4 (SB). Skor ratarata dari keempat materi pokok adalah 108,6. LKS Sains Kimia untuk kelas IX SMP yang telah dikembangkan memiliki skor dengan kategori kualitas sangat balk (SB) sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran Sains Kimia di SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3450

Actions (login required)

View Item View Item