LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 NANGGULAN

Dewangga Fatah Adhi Perdana, Dewangga Fatah Adhi Perdana (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 NANGGULAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL FULL.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/ tenaga kependidikan. Diharapkan PPL dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta telah melakukan kegiatan sosialisasi sebelum kegiatan PPL berlangsung antara lain pra-PPL melalui mata kuliah micro teaching dan observasi di sekolah baik observasi proses pembelajaran di kelas maupun observasi lingkungan sekolah. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada semester khusus dimulai pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Pelaksanaan program PPL yang dilaksanakan di SMK N 1 Nanggulan telah terkoordinir dengan baik, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Dalam kegiatan PPL, telah dilaksanakan 4 kali proses pembelajaran di kelas X. Proses pembelajaran dilakukan secara terbimbing bersama guru pembimbing dengan mata pelajaran produktif “Mengerjakan Dasar-Dasar Pengerjaan Bengkel Elektronika”. Sebelum praktik mengajar, dibuat persiapan mengajar, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta memelajari materi yang akan diajarkan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan antara lain mencakup dasar elektronika, standar operasi prosedur, identifikasi catu daya dan praktik pembuatan catudaya. Selain melakukan kegiatan PPL, mahasiswa praktikan juga melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan jurusan pendidikan elektro yakni pawai HUT kemerdekaan RI serta kunjungan industri bagi kelas XI Elektronika Industri. Selama kegiatan PPL berlangsung praktikan menggunakan kurikulum KTSP 2006 sebagai panduan mengajar. Dengan metode dan model pembelajaran konvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan pengerjaan jobsheet.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Elektronika Industri, KTSP, Dasar Pengerjaan Bengkel
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34494

Actions (login required)

View Item View Item