MAKNA DAN NILAI SIMBOLIK KESENIAN JEPIN DALAM PERJUANGAN MASYARAKAT DI DESA GIRITIRTA KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Shelle Hutabriana, Shella (2016) MAKNA DAN NILAI SIMBOLIK KESENIAN JEPIN DALAM PERJUANGAN MASYARAKAT DI DESA GIRITIRTA KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan makna dan nilai simbolik kesenian Jepin sebagai simbol perjuangan masyarakat di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah kesenian Jepin yang ada di Desa Giritirta. Subjek penelitian ini adalah seniman daerah, tokoh masyarakat, Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut di analisis dengan beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Guna memeperoleh data yang valid, maka dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh 1) Terdapat ragam-ragam gerak kesenian Jepin yang memiliki makna simbolik dalam perjuangan. Adapun ragam-ragam tersebut adalah : Kuda-kuda, Pukulan ganda, Tangkisan reflek, Sikap ales, Colokan, Serangan, Serangan pukulan, Tendangan colokan, Bantingan, Seretan, Hindaran, Bacokan, Tendangan putar, Serangan atas bawah, Tangkisan kombinasi. 2) Terdapat nilai-nilai pada kesenian Jepin yang sangat erat kaitannya dengan fungsi dalam masyarakat yaitu nilai perjuangan dan nilai sosial. Nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam kesenian Jepin yaitu nilai patriotisme, dan nilai nasionalisme. Sedangkan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam kesenian Jepin meliputi; a) nilai kebersamaan, b) nilai hiburan, c) nilai kerukunan, d) nilai estetika, e) nilai pendidikan, f) nilai religi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gerak Kesenian Jepin, Makna dan Nilai Simbolik, Perjuangan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:04
Last Modified: 30 Jan 2019 09:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34493

Actions (login required)

View Item View Item