Karenina, Parastika (2016) KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Karenina Parastika_09101244006.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis data kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Bantul dari 17 sekolah berjumlah 202 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 132 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kontribusi komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bantul. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hasil uji t diperoleh nilai sebesar 7,325. Jika dibandingkan dengan nilai sebesar 1,978 pada taraf signifikansi 5%, maka nilai . Selain itu, apabila dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 maka signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil analisis juga diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,541, karena nilai koefisien korelasi (r) bernilai positif, maka dapat dinyatakan bahwa variabel komunikasi interpersonal berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Nilai koefisien determinasi menunjukkan sebesar 0,292, nilai tersebut berarti 29,2% perubahan pada variabel kinerja guru dapat diterangkan oleh komunikasi interpersonal, sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 02:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34488 |
Actions (login required)
View Item |