LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

VENNY FEBRIANI, VENNY FEBRIANI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
VENNY FEBRIANI_12108241076.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa di bidang pembelajaran maupun administrasi sekolah. Kegiatan administrasi tersebut meliputi pembuatan administrasi kelas, program semester, dan rekapitulasi data siswa baru. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu telah melaksanakan beberapa tahap yaitu: observasi, menonton video AVA, micro teaching, supervisi kelas dan kelompok, serta real pupil teaching. Kegiatan observasi dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus sedangkan pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan mahasiswa meliputi 4 kali praktik mengajar terbimbing, 5 kali mengajar tambahan, dan 1 kali praktik mengajar sebagai ujian. Selain praktik mengajar mahasiswa juga berkesempatan untuk melaksanakan program administrasi sebagai bekal kelak ketika menjadi guru. Setelah melaksanakan observasi, maasiswa perlu melakukan micro teaching. Pembekalan pengajaran mikro (micro teaching) sebagai salah satu bentuk orientasi pengajaran mikro dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktek pengajaran mikro dan praktek pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar (real teaching) disekolah dalam program PPL. Pelaksanaan kegiatan PPL merupakan sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan menimba ilmu di sekolah untuk menjadi guru profesional. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga menciptakan pembelajaran efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: guru, micro teaching, praktik pengalaman lapangan, guru, sekolah dasar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34485

Actions (login required)

View Item View Item