LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 NANGGULAN

AFRIAN ZULKI RAHMADI, AFRIAN ZULKI RAHMADI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 NANGGULAN. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
laporan afrian fix.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa S1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan memiliki bobot sebayak 3 SKS lapangan. Praktik pengalaman lapangan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu mata kuliah mikro teaching dan beberapa mata kuliah pendidikan yang lainnya. Praktik pengalaman lapangan melibatkan instansi lembaga lain yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini praktikan diberi kesempatan untuk melakukan praktik pengalaman lapangan di SMKN 1 Nanggulan. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah bermaksud untuk mengetahui kondisi pada saat mengajar di kelas, iklim mengajar, karakter siswa dan media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan PPL dilakukan tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Sebelum mengajar praktikan membuat administrasi guru berupa RPP, silabus dan lain-lain. Mata diklat yang diampu praktikan adalah unsur seni rupa serta membantu mata diklat yang lain seperti prinsip seni rupa untuk kelas XI. Pada akhir rangkaian PPL, praktikan melakukan penilaian terhadap siswanya. Hasil penilaian yang didapatkan sudah memnuhi KKM sehingga ini membuktikan bahwa praktikan sudah menyampaikan materi secara baik meskipun belum sepenuhnya sempurna karena masih kurangnya pengalaman dalam mengajar. Dari kegiatan PPL ini dapat diambil pengalaman secara nyata untuk menjadi seorang guru baik dalam persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, evaluasi, menghadapi siswa-siswa yang berbeda-beda karakternya dan menghadapi berbagi hambatan yang menghadang pada saat pebelajaran untuk mejadi guru yang professional. Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang bersangkutan. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMKN 1 Nanggulan, supaya kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, unsur unsur seni rupa, Penilaian, SMKN 1 Nanggulan
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:20
Last Modified: 14 Jun 2016 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34479

Actions (login required)

View Item View Item