LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Ikhtarotul Bariyah, Ikhtarotul Bariyah (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
cover abstrak revisi fiks.rtf

Download (9MB)
[img] Text
pendahuluan-pembahasan-penutup fiks.rtf

Download (364kB)

Abstract

Sebagai seorang mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu tahap bagi mahasiswa jurusan kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan mengenai proses pembelajaran dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sekolah baik dengan peserta didik, guru, dan karyawan sekolah. Mahasiswa kependidikan yang dididik untuk menjadi seorang guru diharapkan akan mendapatkan kemampuan dan meningkatkan keterampilan melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dapat dipergunakan untuk modal kedepannya sebagai guru yang profesional. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Pengasih yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Di awali denga observasi, mahasiswa PPL melakukan pengamatan terhadap kondisi fisik maupun sosial di SMA N Pengasih. Dari hasil tersebut maka pelaksanaan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapa mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Persiapan mengajar diawali dengan koordinasi dengan guru pembimbing mata pelajaran sosiologi yaitu dengan Ibu Eni Yuniarti mengenai pembagian jam mengajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan silabus. Sesuai dengan perencanaan di awal, kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA N 1 Pengasih berjalan dengan baik, kurang lebih 5 bulan dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 mahasiswa PPL melaksanakan praktik mengajar dikelas 8 kali pertemuan dengan 8 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), setiap pertemuan 2 jam pelajaran. Diluar kegiatan belajar mengajar, mahasiswa PPL ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti perayaan HUT ke 24, kegiatan OSIS, dll. Secara umum semua berjalan dengan lancar, namun tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL, meskipun demikian hambatan tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34477

Actions (login required)

View Item View Item