Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Online Generik Mata Diklat SMK

Suartin, Suartin (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Online Generik Mata Diklat SMK. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-suartin-10702269012.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan LKS Online Generik yang praktis dan efektif dalam memuat konten LKS dari berbagai mata diklat teori SMK; (2) mengetahui tingkat validitas dan reliablitas LKS Online Generik ketika diisi dengan konten mata diklat; dan (3) mengetahui tingkat praktikalitas dan efektifitas ketika media ini digunakan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Pengembangan LKS Online Generik menggunakan prosedur penelitian pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan ke dalam lima tahap, yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan produk; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi 1; (4) uji lapangan skala kecil dan revisi 2; dan (5) uji lapangan skala luas dan produk akhir. Instrumen yang digunakan untuk mengembangan media pembelajaran ini adalah formulir wawancara, angket penelitian, diagram pemodelan sistem informasi, dan bahan ajar SMK. Tingkat validitas dan reliabilitas LKS Online Generik dinilai oleh ahli: (1) pemrograman web; (2) media pembelajaran; dan (3) konten LKS. Guru dan siswa SMK juga akan menilai tingkat validitas, reliabilitas, praktikalitas, dan efetivitas LKS Online Generik ketika media ini digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Hasil penelitian menunjukkan LKS Online Generik praktis dan efektif digunakan untuk memuat konten dari berbagai mata diklat SMK. Hal ini karena LKS yang dikembangkan memiliki kemampuan: (1) kontennya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakai; (2) memiliki antarmuka (interface) yang interaktif; (3) mampu menyimpan, mengolah, dan mempresentasikan data dalam berbagai format (multimedia); (4) mampu menghasilkan soal pre-test dan post-test dari bank soal secara terutomasi; dan (5) mengolah nilai siswa secara terotomasi. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa tingkat validitas dan reliabilitas media pembelajaran ini cukup tinggi, yaitu Aiken's - V setiap item penilaian > 0,56 dan Alpha Cronbach > 0,78, begitu juga dengan praktikalitas dan efektivitas, LKS Online Generik memiliki tingkat praktikalitas dan efektifitas yang tinggi saat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Melalui hasil uji efektivitas yang dilakukan dengan membandingkan nilai pre-test siswa sebelum menggunakan LKS Online Generik dengan nilai posttest setelah menggunakan LKS Online Generik, terbukti bahwa LKS Online Generik mampu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa hingga mencapai 100%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: LKS Online Generik, pengembangan, media pembelajaran, peningkatan kualitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34474

Actions (login required)

View Item View Item