PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEBAYA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

R o m i y a t i, R o m i y a t i (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEBAYA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Romiyati 09513244012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEBAYA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA 0leh: R o m i y a t i NIM. 09513244012 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi pembuatan pola kebaya dengan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditorial, Visual dan Intelektual (SAVI) pada peserta didik kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Sedangkan prosedur penelitian meliputi: 1) perencanaan, 2) tindakan dan pengamatan, 3) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Rini Yogyakarta pada materi pola konstruksi pembuatan pola kebaya. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI Busana Butik sebanyak 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Pengujian validitas instumen menggunakan validitas isi dengan menguji butir–butir instrumen berdasarkan hasil validasi dari Expert Judgment. Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan instrumen dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis Deskriptif. Hasil Penelitian Tindakan Kelas pada penerapan model pembelajaran SAVI yaitu: 1) kompetensi pembuatan pola kebaya pada mata pelajaran pola konstruksi pada pra-siklus sekitar 26% peserta didik mencapai KKM. 2) peningkatan kompetensi pada siklus I sebanyak 15 peserta didik atau sekitar 70,968% dengan kategori tuntas. 3) siklus II meningkat sebanyak 23 peserta didik atau sekitar 92% dengan kategori tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Somatic, Auditorial, Visual dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan kompetensi pembuatan pola kebaya di SMK Karya Rini Yogyakarta kelas XI Busana Butik. Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI, Penelitian Tindakan Kelas, Pola kebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34473

Actions (login required)

View Item View Item