LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Heni Kusuma, Heni Kusuma (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HENI KUSUMA_12108241073.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa PGSD. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus antara semester 6 dan semester 7. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam praktik pembelajaran maupun administrasi sekolah secara langsung di Sekolah Dasar yang telah ditentukan sebelumnya. Selain terjun secara langsung dalam pembelajaran di kelas, mahasiswa juga memiliki tugas untuk membantu penyusunan administrasi guru. Administrasi yang disusun meliputi pembaharuan data administrasi kelas, program semester, rekapitulasi data siswa baru, inventarisasi buku, dan analisis kurikulum 2013. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti observasi, menonton video AVA, microteaching, supervisi kelas dan kelompok, serta real pupil. Kegiatan observasi dimulai pada tanggal 8 Agustus 2015, dan Pelaksanaan PPL dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan mahasiswa meliputi 4 kali praktik mengajar terbimbing, 2 kali praktik mengajar tambahan, dan 2 kali ujian praktik mengajar. Mahasiswa juga melakukan kegiatan penyusunan administrasi guru berupa pembaruan data siswa, papan administrasi kelas, dan penyusunan soal ulangan harian serta soal tengah semester, khususnya pada kelas 1 (satu). Beberapa kegiatan tambahan yang dilaksanakan antara lain pengecatan gapura sekolah, pembuatan gambar pahlawan, pengecatan lapangan senam, pendampingan latihan drum band, karnaval, dan beberapa pendampingan kegiatan sekolah yang lain. Pelaksanaan kegiatan PPL merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa dalam menimba ilmu dari para guru senior guna memberi bekal untuk menjadi guru profesional. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga menciptakan pembelajaran efektif. Kekurangan dan hambatan yang dihadapi selama pelaksanaan PPL diharapkan dapat menjadi sarana belajar untuk menjadi guru yang siap dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Guru, PPL, Sekolah Dasar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 01:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34469

Actions (login required)

View Item View Item