PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MELALUI PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEORI PEMESINAN DASAR

Paryanto, par (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MELALUI PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEORI PEMESINAN DASAR. [Experiment/Research]

[img] Text (document)
AN_EFFORT_TO_IMPROVE_THE_QUALITY_OF_LEARNING_PROCESS_OF_BASIC_THEORY_OF_ENGINEERING_BY_IMPLEMENTING_COLLABORATIVE_LEARNING_MODEL_APPROACH_THROUGH_GROUP_INVESTIGATION.doc

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penerapan metode pembelajaran Kolaboratif melalui pendekatan Group Investigation dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah Teori Pemesinan Dasar. Peningkatan kualitas pembelajaran yang dimaksud adalah peningkatan aktifitas dan prestasi relajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada pembelajaran mata kuliah Teori Pemesinan Dasar yang diselenggarakan di semester ganjil yaitu semester 1. Obyek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yang kemudian dipaparkan secara kualitatif. Penelitian yang telah dilaksanakan mendapatkan data bahwa 1) penerapan metode pembelajaran kolaboratif melalui pendekatan group investigation dapat meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Teori Pemesinan Dasar sebesar 25%. Hal ini mempunyai makna bahwa motivasi belajar, keaktifan mahasiswa, dan disiplin belajar pada pembelajaran mata kuliah Teori Pemesinan Dasar dapat meningkat sebesar 25% setelah menerapkan metode pembelajaran kolaboratif melalui pendekatan group investigation. 2) Penerapan metode pembelajaran kolaboratif melalui pendekatan group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Teori Pemesinan Dasar sebesar 14%. Hal ini mempunyai makna bahwa prestasi belajar mahasiswa pada pembelajaran mata kuliah Teori Pemesinan Dasar dapat meningkat sebesar 14% setelah menerapkan metode pembelajaran kolaboratif melalui pendekatan group investigation.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item