PRITA GARNITA YULISTIANA SP, PRITA GARNITA YULISTIANA SP (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1COVER.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
2ABSTRAK.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
2LEMBAR PENGASAHAN.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
3BABI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
4BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
5BAB III.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Pengasih yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X 5 dan X 6. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan pengajaran di kelas lebih dari 4 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain demonstrasi, diskusi kelompok, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, media-media dalam permainan pembelajaran beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMA Negeri 1 Pengasih ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di dalam bidang Pendidikan Bahasa Jerman yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Penyususn menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 01:16 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |