IDENTIFIKASI PENGINTEGRASIAN SOFT SKILLS MELALUI MATA PELAJARAN PADA PROGRAM STUDI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 SEWON

Istanti, Hanifah Nur (2016) IDENTIFIKASI PENGINTEGRASIAN SOFT SKILLS MELALUI MATA PELAJARAN PADA PROGRAM STUDI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Hanifah Nur Istanti 06513241009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IDENTIFIKASI PENGINTEGRASIAN SOFT SKILLS MELALUI MATA PELAJARAN PADA PROGRAM STUDI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 SEWON Hanifah Nur Istanti (06513241009) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana menggali soft skills yang akan digunakan untuk mengidentifikasi soft skills yang diintegrasikan, (2) mengetahui soft skills apa saja yang diintegrasikan guru melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, kewirausahaan dan membuat busana pria/wanita pada Kelas XII Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK N 1 Sewon, (3) mengetahui seberapa besar soft skills yang diintegrasikan melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, kewirausahaan dan membuat busana pria/wanita pada Kelas XII Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK N 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program studi tata busana yang mengikuti mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, kewirausahaan dan membuat busana pria/wanita di SMK Negeri 1 Sewon yang berjumlah 135 siswa dengan sampel sebanyak 95 siswa. Variabel penelitian adalah identifikasi pengintegrasian soft skills melalui mata pelajaran. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggalian soft skills melalui FGD dengan para guru diperoleh 14 soft skills yang memiliki keterkaitan dengan dunia kerja, (2) soft skills yang diintegrasikan guru melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, kewirausahaan, membuat busana pria/wanita adalah mengelola diri, kemandirian, kemampuan berpikir, disiplin, tanggung jawab, sikap profesional, ulet, daya saing, kerja sama, kepemimpinan, dan kemampuan komunikasi; pada mata pelajaran membuat busana pria/wanita ditambah soft skills mengembangkan diri dan daya juang, (3) soft skills yang diintegrasikan melalui mata pelajaran (a) pendidikan kewarganegaraan sebesar (78,6%) yaitu: mengelola diri (45,3%), kemandirian (49,5%), kemampuan untuk berpikir (49,5%), disiplin (50,5%), tanggung jawab (57,9%), sikap profesional (55,8%), ulet (48,4%), daya saing (49,5%), kerja sama (50,5%), kepemimpinan (47,4%), kemampuan komunikasi (56,8%); (b) kewirausahaan sebesar (78,6%) yaitu: mengelola diri (48,4%), kemandirian (49,5%), kemampuan untuk berpikir (54,7%), disiplin (51,6%), tanggung jawab (70,5%), sikap profesional (50,5%), ulet (52,6%), daya saing (60,0%), kerja sama (54,7%), kepemimpinan (49,5%), kemampuan komunikasi (68,4%); (c) membuat busana pria/wanita sebesar (92,9%) yaitu: mengelola diri (62,1%), mengembangkan diri (72,6%), kemandirian (65,3%), kemampuan untuk berpikir (75,8%), disiplin (55,8%), tanggung jawab (54,7%), sikap profesional (54,7%), ulet (51,6%), daya juang (66,3%), daya saing (66,3%), kerja sama (50,5%), kepemimpinan (53,7%), dan kemampuan komunikasi (49,5%). Kata Kunci: pengintegrasian soft skills, mata pelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Jun 2016 00:59
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34438

Actions (login required)

View Item View Item