LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO

Tari Dwi Wulandari, Tari Dwi Wulandari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tari Dwi Wulandari.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tidak terkecuali mahasiswa program studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Program kegiatan PPL dibuat untuk dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dengan harapan dapat memberikan pengalaman belajar langsung dilapangan, terutama dalam hal pengalaman seputar mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan sosial, meningkatkan kemandirian, keterampilan, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang dilaksanakan pada saat PPL diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak baik pihak mahasiswa ataupun pihak lembaga. Kegiatan PPL tahun 2015 ini penulis laksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) Kulon Progo. Program rencana kerja disusun melalui tahap observasi wilayah UPTD SKB Kulon Progo. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan melihat langsung kondisi lapangan serta aktivitas kegiatanan khususnya TPA-KB Pelangi Nusa UPTD SKB Kulon Progo. Dalam program PPL yang disepakati akan dilaksanakan, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Sementara program mengajar tidak menjadi prioritas utama. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan PAUD Pelangi Nusa. Program utama yang dilakukan penulis berdasarkan masukan pihak pengajar dan hasil observasi adalah program Parenting TPA/KB Pelangi Nusa, Kelas Umum TPA/KB Pelangi Nusa, dan Kegiatan Ekstrakulikuler Renang TPA Pelangi Nusa secara Terpandu. Adapun Program Penunjang yang dilakukan penulis diantaranya adalah Pelaksanaan Kegiatan Kelas Luar Sekolah ( Outbound Anak. Pelaksanaan Evaluasi Program Parenting. Pelaksanaan Evaluasi Program Outing Class. Pelaksanaan Pendampingan dan Pelaksanaan Evaluasi Ekstrakulikuler Renang. Pelaksanaan Kegiatan Outbound Paket C SKB Kulon Progo, serta Pendampingan TPA-KB Pelangi Nusa. Sasaran dalam program tersebut adalah warga TPA-KB Pelangi Nusa UPTD SKB Kulon Progo baik itu warga belajar, wali murid, dan pengajar KB Pelangi Nusa. Program tambahan yang dilakukan penulis diantaranya adalah Penyusunan ( digitalisasi ) data warga belajar TPA-KB Pelangi Nusa , Labelisasi data warga belajar TPA-KB Pelangi Nusa TA 2015-1015, Input data warga belajar Paket C, Apel pagi, Pembuatan Piagam Penghargaan, Observasi dan penyusunan data wawancara seputar PNF. Adapun Program insidental yang telah terlaksana yaitu: Pendampingan TPA-KB Pelangi Nusa, Pengarahan, Ramah tamah, Diskusi proker dengan pamong, Observasi warga belajar, Penyebaran undangan keaksaraan, Latihan baris berbaris, Pelaksanaan kegiatan Pawai bersama Dinas Pendidikan. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat mengetahui permasalahan nyata dilapangan termasuk permasalahan dalam penyusunan, pelaksanaan, serta evaluasi program yang dilaksanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Parenting, Kelas Umum, Pendampingan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2016 08:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34432

Actions (login required)

View Item View Item