Keefektifan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Tipe Picture Word Inductive dan Concept Attainment dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif di SMP Gunungsari Lombok

Hastuti, Hilda (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Tipe Picture Word Inductive dan Concept Attainment dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif di SMP Gunungsari Lombok. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hilda hastuti-13706251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki lima tujuan. Tujuan pertama yaitu apakah terdapat perbedaan keefektifan antara model PWI, CA, dan konvensional; tujuan kedua yaitu apakah model PWI lebih efektif daripada model konvensional; tujuan ketiga yaitu apakah model CA lebih efektif daripada model konvensional; tujuan keempat yaitu apakah model PWI lebih efektif daripada model CA; dan tujuan kelima yaitu apakah model PWI paling efektif daripada model CA dan konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskriptif pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan randomized prettest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Gunungsari Lombok. Sampel penelitian ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan disertai rubrik penilaian dan lembar penugasan menulis. Data dikumpulkan melalui penugasan menulis teks deskriptif dan dinilai dengan rubrik penilaian menulis. Validitas isi instrumen menggunakan pendapat para ahli dan realibilitas instrumen diperiksa melalui teknik antarrater yang dianalisis melalui teknik korelasi Product Moment dengan program SPSS. Data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model PWI, CA, dan konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskriptif, dengan nilai F sebesar 17,986 dan p ≤ 0,05; (2) model PWI lebih efektif daripada model konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskriptif, dengan mean difference sebesar 18,133 dan nilai p ≤ 0,05; (3) model CA lebih efektif daripada model konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskriptif, dengan mean difference sebesar 10,033 dan nilai sig. 0,006 ≤ 0,05; (4) model PWI lebih efektif daripada model CA dalam pembelajaran menulis teks deskriptif, dengan mean difference sebesar 8,100 dan nilai sig. sebesar 0,032 ≤ 0,05, dan (5) model PWI paling efektif daripada model CA dan konvensional dalam pembelajaran menulis teks deksriptif di SMP Negeri 1 Gunungsari kelas VII

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model picture word inductive, model concept attainment, menulis teks deskriptif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:53
Last Modified: 09 Nov 2022 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34431

Actions (login required)

View Item View Item