Paryanto, M.Pd., - (2007) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN MAHASISWA D3 TEKNIK MESIN UNY DENGAN MODEL INTEGRATIF LEARNING. [Experiment/Research]
|
Text (document)
Paryanto.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh penggunaan model integratif learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran praktik Proses Pemesinan dan untuk mengetahui seberapa jauh model pembelajaran Integratif Learning dapat meningkatkan aktifitas serta prestasi belajar mahasiswa D3 Teknik Mesin UNY. Rancangan penelitian yang ditetapkan berupa rancangan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang bersifat kolaboratif berdasarkan permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran di jurusan Mesin. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penerapan metode ini dilakukan terhadap mahasiswa D3 Teknik Mesin yang mengikuti matakuliah Praktik Proses Pemesinan kelas C2 semester III. Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa de¬ngan model pembelajaran integratif learning dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa sebesar 26,7%, dapat meningkatkan keman¬dirian mahasiswa dalam memecahkan masalah 28,8%, serta dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa 15,4%. Kata kunci: integratif learning FT, 2007 (PEND. TEK. MESIN)
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 18:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2012 18:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |