ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS (BOS SMA) DI SMA NEGERI JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2013-2014

SUKMA AMIINI, NADIRA (2016) ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS (BOS SMA) DI SMA NEGERI JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2013-2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Menengah Atas (BOS SMA) di SMA Negeri Jumapolo tahun 2013 dan 2014: (1) Perencanaan Dana BOS SMA di SMA Negeri Jumapolo, (2) Pelaksanaan Dana BOS SMA di SMA Negeri Jumapolo, (3) Pengawasan dan Evaluasi Dana BOS SMA di SMA Negeri Jumapolo, dan (4) Pelaporan Dana BOS SMA di SMA Negeri Jumapolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi untuk penelitian ini adalah SMA Negeri Jumapolo, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Bendahara BOS, Guru, dan Komite Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini dengan trigulasi dan membercheck. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian adalah: Reduksi data, Display/ peyajian data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Dana BOS SMA di SMA Negeri Jumapolo tahun 2013 dan 2014 dilakukan dengan menyusun RKAS oleh tim anggaran sekolah dengan diketahui oleh Komite Sekolah, guru, Karyawan, dan orang tua siswa. Penyusunan RKAS dilaksanakan bersamaan dengan penyusunan RAB BOS SMA. (2) Pelaksanaan Dana BOS SMA, penyaluran Dana BOS SMA tahun 2013 dan 2014 dalam dua tahap. Pengambilan Dana BOS SMA oleh Bendahara BOS. Penggunaan Dana BOS SMA tahun 2013 dan 2014 diperuntukan membiayai kegiatan operasional sekolah non-operasiona sebagaimana di petunjuk teknis BOS SMA tahun 2013 dan 2014. Pembelanjaan barang/jasa dilaksanakan oleh tim belanja barang dengan berdasar prinsip efektif dan efisien. Pembukuan dilakukan oleh Bendahara BOS yang meliputi pembuatan buku kas umum, buku pembantu bank, dan buku pembantu pajak. Sekolah tidak melakukan pengembalian Dana BOS SMA tahun 2013 dan 2014. Penyetoran pajak oleh sekolah yaitu PPN, PPh pasal 21 dan PPh pasal 22. (3) Pengawasan dan Evaluasi dilakukan secara internal oleh Komite Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelaksanaan secara eksternal dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. (4) Pelaporan Dana BOS SMA tahun 2013 dan 2014 dilakukan setiap semester melalui LPJ BOS SMA beserta lampiran. Publikasi dilakukan dengan memasang ringkasan RKAS di papan pengumuman dan memberikan selembaran penggunaan Dana BOS SMA kepada wali siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dana BOS SMA, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Evaluasi, Pelaporan
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34419

Actions (login required)

View Item View Item