Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Nilai Islami materi virus untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Curiosity Siswa

Anam, Syaiful (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Nilai Islami materi virus untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Curiosity Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syaiful-anam-13708259031.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan modul Biologi berbasis nilai Islami materi virus, (2) mengetahui keterlaksanaan modul biologi berbasis nilai islami materi virus, (3) mengetahui bahwa modul biologi berbasis nilai Islami materi virus dapat meningkatkan kemandirian belajar, dan (4) mengetahui bahwa modul biologi berbasis niai Islami materi virus dapat meningkatkan curiosity siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg & Gall (1983). Prosedur meliputi sepuluh langkah yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi produk awal, (5) ujicoba terbatas, (6) revisi, (7) ujicoba lapangan, (8) revisi, (9) produk utama, dan (10) diseminasi terbatas. Penelitian bertempat di MA Ibnul Qayyim Putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi modul pembelajaran, angket, lembar observasi kemandirian belajar, penilaian diri kemandirian belajar, dan penilaian diri curiosity (pre-test dan post-test). Teknik analisis yang digunakan adalah menghitung skor rata-rata yang dikategorisasi dan uji T dengan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran biologi berbasis nilai Islami layak digunakan berdasarkan validasi ahli modul, guru Biologi, dan teman sejawat; (2) terlaksananya pembelajaran dengan modul berbasis nilai islami sebagaimana yang direncanakan; (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam aspek kemandirian belajar antara siswa yang menggunakan modul pembelajaran Biologi berbasis nilai Islam dan siswa yang tanpa modul; (4) terdapat perbedaan yang signifikan dalam aspek curiosity antara siswa yang menggunakan modul pembelajaran Biologi berbasis nilai Islam dan siswa yang tanpa modul

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran Biologi, kemandirian belajar, curiosity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:22
Last Modified: 09 May 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34407

Actions (login required)

View Item View Item