LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WATES

Diantyastuti Ramadhani, Diantyastuti Ramadhani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Judul.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Halaman Pengesahan.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Kata Pengantar.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Daftar Isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Daftar Lampiran.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Halaman Isi BAB 1, 2, 3.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang pada awal namanya IKIP kemudian menjadi Universitas Negeri Yogyakarta namun demikian basis yang diterapkan yaitu sama halnya dengan IKIP yaitu mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 11 Agustus sampai dengan 12 September 2015 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada di kondisi lapangan yang sesungguhnya sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMA Negeri 1 Wates yang beralamatkan di Jl. Terbahsari 01 Wates, Kulon Progo, DIY. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama pengajaran mikro di kampus, melihat secara langsung kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan analisis pelaksanaan PPL. Pada tahap persiapan meliputi observasi kegiatan belajar mengajar di kelas dan pembuatan perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta persiapan media pembelajaran. Tahap persiapan dilanjutkan dengan praktik mengajar yang merupakan kegiatan inti dari PPL. Praktik mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing, meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutupan. Selama pelaksanaan PPL praktikan melaksanakan praktik mengajar pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IIS 3 dengan alokasi waktu tiga jam per minggu dan di kelas XI IIS 1, XI MIA 2, XI MIA 3 dan XI MIA 5 dengan alokasi waktu dua jam per minggu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik Ekonomi dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Sekolah, Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34405

Actions (login required)

View Item View Item