LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WATES

Santika Permatasari, Santika Permatasari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12413241042_LAPORAN PPL_Santika Permatasari_Pendidikan Sosiologi.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Wates yang digunakan sebagai lokasi PPL beralamatkan di Jalan Terbahsari No. 6, Wates, Kulon Progo. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat, minat siswa untuk menunjang proses belajar mengajar, serta membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 10 Agustus-12 September. Kegiatan diawali dengan penerjunan dan observasi pra-PPL di sekolah pada tanggal 23 Februari, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program. Kegiatan observasi bertujuan memberikan gambaran awal tentang situasi pembelajaran di kelas dan kondisi sekolah. Kegiatan selanjutnya adalah persiapan yang berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode pembelajaran, media pembelajaran yang akan digunakan, serta persiapan fisik dan mental. Kegiatan utama pelaksanaan PPL adalah praktik mengajar di kelas, yaitu dimulai pada 10 Agustus - 12 September 2015 dengan materi fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat, program evaluasi (ulangan harian), program remidial dan pengayaan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan yaitu pada siswa kelas X MIA 4, X MIA 5, X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3. Praktik Pengalaman Lapangan yang berupa kegiatan belajar mengajar dilaksanakan sebanyak 9 kali pertemuan. Kegiatan PPL yaitu berupa kegiatan pembelajaran di kelas sampai dengan penilaian kemampuan pengetahuan peserta didik atau evaluasi. Media yang digunakan dalam kelas di antaranya Power Point, papan tulis, spidol, dan perangkat lainnya. Sedangkan untuk metode atau strategi pembelajaran yang digunakan diskusi, ceramah, dan permainan dengan menggunakan media pembelajaran sederhana.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi, kegiatan belajar mengajar, evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34403

Actions (login required)

View Item View Item