KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE- FORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL

Wuryani, Septi (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE- FORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan keterampilan menulis berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi RAFT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi RAFT; (2) menguji keefektifan strategi RAFT dalam pembelajaran menulis berita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pre-test post-test control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi pembelajaran RAFT dan variabel terikat berupa keterampilan menulis berita. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pajangan. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, ditetapkan Kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan Kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis berita. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifinkasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi RAFT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi RAFT; (2) strategi pembelajaran RAFT efektif digunakan dalam pembelajaran menulis berita. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perbandingan uji-t sampel berhubungan dan gain score kelompok eksperimen. Hasil penghitungan uji-t data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung sebesar - 5.287 dengan df 29 dan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.05). Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 6.03, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol hanya mengalami kenaikan sebesar 2.60.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 13 Jun 2016 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item