HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Robi, Kurniawan (2016) HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Robi Kurniawan 06504244014.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : Robi Kurniawan NIM. 06504244014 ABSTRAK Kemandirian Belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi Kemandirian Belajar siswa adalah Minat Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan Minat Membaca terhadap Kemandirian Belajar siswa Penelitian dilaksanakan di SMK PIRI 1 Yogyakarta, Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Waktu penelitian dilakukan pada 3 Februari 2013. Metode penelitian ini termasuk penelitian Expost Facto, populasi berjumlah 127 peserta didik, pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling yang berjumlah 97 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan skala likert untuk mengukur variabel Minat Membaca dan Kemandirian Belajar. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgment) dan validasi menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, untuk reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus dan standar deviasi dan analisis korelasi untuk menguji hipotesis dengan menggunakan korelasi Product Moment. Pengujian tersebut dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows dan Microsoft Excel 2007 Hasil penelitian ini menunjukkan Minat Membaca memiliki kategori sangat tinggi yaitu 27 siswa dengan persentase 27%, sedangkan siswa yang memiliki kategori sangat rendah yaitu 21 dengan persentase 21%. Untuk Kemandirian Belajar memiliki kategori tinggi yaitu 40 siswa dengan persentase 41%, sedangkan siswa yang memiliki kategori sangat rendah yaitu 18 dengan persentase 19%. Minat Membaca mempunyai hubungan yang positif dan signifikan yang memiliki tingkat korelasi yang kuat dengan Kemandirian Belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan pada perhitungan harga r hitung 0,705 lebih besar dari harga r tabel yaitu 0,202 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima kemudian setelah dikonsultasikan dengan tabel r nilai koefisien korelasi sebesar 0,705 memiliki tingkat korelasi yang kuat. Kata Kunci: Minat Membaca dan Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:53
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34395

Actions (login required)

View Item View Item