PENGARUH PERSEPSI SISWA DENGAN DIHAPUSNYA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TIK SISWA SECARA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 SEWON

Rizky, Palmina Maharani (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA DENGAN DIHAPUSNYA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TIK SISWA SECARA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
RIZKY PALMINA MAHARANI 10520244013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA DENGAN DIHAPUSNYA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TIK SISWA SECARA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 SEWON Oleh : Rizky Palmina Maharani NIM. 10520244013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui persepsi siswa mengenai dihapuskannya mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Sewon; 2) Mengetahui motivasi siswa belajar TIK secara mandiri di SMA Negeri 1 Sewon; 3) Mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai dihapuskannya mata pelajaran TIK terhadap motivasi siswa belajar TIK secara mandiri di SMA Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 38 orang yang diambil dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen penelitian data menggunakan kuisioner dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk mengambil data siswa mengenai persepsi siswa dengan dihapusnya mata pelajaran TIK serta motivasi siswa belajar TIK secara mandiri. Uji validitas dengan menggunakan expert judgement dan Pearson Correlated. Sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan yaitu Person Correlated yang selanjutnya dilakukan regresi sederhana. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : 1) Analisis data persepsi siswa tentang dihapusnya mata pelajaran TIK menunjukan bahwa pada kategori sangat tinggi 92,10 %., kategori tinggi 7,89 % serta kategori rendah dan sangat rendah sebesar 0 %.; 2) motivasi siswa belajar TIK secara mandiri pada kategori sangat tinggi sebesar 89,47 %, kategori tinggi sebesar 10,53 % serta kategori rendah dan sangat rendah sebesar 0 %; 3) uji regresi menghasilkan kontribusi persepsi terhadap motivasi siswa belajar TIK secara mandiri sebesar 62,2 % dengan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 13,192 + 1,108 X. Kata Kunci : Dihapuskannya TIK , Persepsi Siswa, Motivasi Belajar Mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34386

Actions (login required)

View Item View Item