Rizky, Cahyaningrum (2016) USAHA MEMBANGUN BRAND USAHA KULINER DI YOGYAKARTA MELALUI FACEBOOK DAN TWITTER. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Rizky Cahyaningrum 08511241024.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
USAHA MEMBANGUN BRAND USAHA KULINER DI YOGYAKARTA MELALUI FACEBOOK DAN TWITTER Oleh : Rizky Cahyaningrum 08511241024 Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui usaha yang dilakukan pengusaha kuliner di Yogyakarta untuk membangun brand melalui Facebook dan Twitter. (2) mengetahui respon konsumen terhadap usaha yang dilakukan pengusaha kuliner di Yogyakarta untuk membangun brand melalui Facebook dan Twitter. Penelitian dilaksanakan di Yogyakarta pada bulan Januari 2013 - Mei 2013. Desain penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu menggambarkan suatu keadaan atau kondisi sebenarnya yang terjadi selama penelitian dilakukan, memberikan gambaran nyata serta akurat sesuai dengan faktor-faktor dan fenomena yang terjadi tanpa melakukan perlakuan khusus atau manipulasi. Penelitian yang dilakukan dimaksudkan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan usaha yang dilakukan oleh pengusaha kuliner di Yogyakarta melalui Facebook dan Twitter. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu pengusaha dan konsumen. Populasi pengusaha berasal dari pengusaha kuliner di Yogyakarta yang menggunakan Facebook dan Twitter berjumlah 150 buah dan populasi konsumen berasal dari konsumen dari usaha yang diteliti yang berjumlah 600 orang. Sampel pengusaha berjumlah 6 orang dan konsumen berjumlah 187 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) usaha yang dilakukan pengusaha kuliner untuk membangun brand melalui Facebook dan Twitter yaitu a) mengisi akun Facebook dan Twitter dengan konten berupa artikel yang bermanfaat dan berkaitan dengan usaha b) Melakukan pembaruan akun secara terpisah dan tidak mengintegrasikan akun Facebook dengan akun Twitter c) membuat jadwal untuk pembaruan akun Facebook dan Twitter agar konsumen selalu mengingat brand d) membangun percakapan dengan konsumen dengan cara memberikan pertanyaan, merespon secara cepat permintaan dan x pertanyaan dari konsumen, menyapa konsumen, retweet (membagikan kembali) /share/ like jika ada komentar positif, dan menjawab komentar negatif dengan cepat dan sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat perusahaan. (2) Respon konsumen terhadap usaha yang dilakukan pengusaha kuliner di Yogyakarta untuk membangun brand melalui Facebook dan Twitter menunjukan kategori baik. Meski sebagian besar konsumen belum menjadikan brand yang diteliti sebagai puncak pikiran namun konsumen sudah mengetahui tentang produk dan mengonsumsi produk sesekali. Konsumen mengetahui tentang produk melalui Twitter dan keluarga/teman. Hal itu menunjukan bahwa informasi yang tersebar melalui keluarga/teman dan Twitter sama-sama meningkatkan keyakinan konsumen terhadap produk karena konsumen memperoleh informasi dari orang yang mereka percaya. DAFTAR
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34384 |
Actions (login required)
View Item |