EVALUASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP MENJAHIT DI LKP AR-RUM YOGYAKARTA

Lina Marlina, Lina (2016) EVALUASI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP MENJAHIT DI LKP AR-RUM YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Lina Marlina_12102241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Evaluasi konteks (Context) : Kesesuaian program dengan kebutuhan warga belajar; Tujuan program. 2) Evaluasi masukan (Input) : Karakteristik warga belajar; Karakteristik tutor; Kurikulum; Pendanaan; serta Sarana dan prasarana. 3) Evaluasi proses (Process) : Aktivitas warga belajar; Aktivitas tutor; Strategi pembelajaran; Partisipasi warga belajar. 4) Evaluasi produk (Product) Ketercapaian tujuan program; Hasil belajar; dan Dampak program. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Evaluasi konteks (Context) : Program yang diselenggarakan oleh LKP Ar-Rum telah sesuai dengan kebutuhan warga belajar; Tujuan yang ditetapkan oleh program selaras dengan tujuan warga belajar. 2) Evaluasi masukan (Input) : Sebagian warga belajar telah memiliki pengalaman menjahit; Karakteristik tutor dalam pembelajaran telah sesuai dengan program; Kurikulum yang digunakan mengacu pada kurikulum nasional; Pendanaan program berasal dari warga belajar dan dana pribadi pengelola; Sarana dan prasarana sudah menunjang proses pelaksanaan program. 3) Evaluasi proses (Process) : Warga belajar ikut aktif dalam pembelajaran;. Tutor mampu menyampaikan materi dengan baik dan dapat berinteraksi dengan warga belajar; Tutor mengajar dengan melihat kemampuan warga belajar; Partisipasi warga belajar ada yang bersemangat dan ada yang tidak bersemangat mengikuti pembelajaran. 4) Evaluasi produk (Product) : Tujuan diselenggarakan program kecakapan hidup menjahit telah tercapai dan sesuai dengan visi misi lembaga; Hasilnya warga belajar memiliki kemampuan sesuai dengan tingkatan kursus yang diambil; Dampaknya, warga belajar lebih yakin pada kemampuan diri sendiri dan beberapa ada yang sudah membuka usaha mandiri di rumah. Kata kunci: Evaluasi, program kecakapan hidup menjahit.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34382

Actions (login required)

View Item View Item