PENINGKATAN KOMPETENSI MENJAHIT BLUS DENGAN METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN

Rizky, Agustya Nurul Insani (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MENJAHIT BLUS DENGAN METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rizky Agustya 08513241022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI MENJAHIT BLUS DENGAN METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN Oleh : Rizky Agustya Nurul Insani NIM. 08513241022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan pada materi menjahit blus siswa kelas X MAN Godean; 2) mengetahui peningkatan kompetensi menjahit blus dengan menggunakan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan pada siswa kelas X MAN Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X di MAN Godean yang berjumlah 14 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah: 1) lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan; 2) lembar penilaian unjuk kerja untuk menilai hasil pekerjaan siswa dalam menjahit blus; 3) lembar tes uraian untuk menilai pemahaman materi menjahit blus; 4) lembar penilaian afektif untuk menilai aspek afektif siswa selama pembelajaran menjahit blus. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi berdasarkan pendapat dari ahli (judgment experts). Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang terdiri dari lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, lembar penilaian afektif dan lembar tes uraian dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan antar rater. Ketiga rater menyatakan bahwa instrumen sudah reliabel dan dapat digunakan untuk mengambil data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan pencapaian kompetensi. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 5,28% dari 75 menjadi 78,95. Nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 5,51% dari 78,95 menjadi 83,30. Peningkatan pencapaian KKM dari pra siklus ke siklus I sebesar 83,33% dari 6 siswa menjadi 11 siswa. Sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 27,27% dari 11 siswa menjadi 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan dapat meningkatkan kompetensi pada materi menjahit blus pada kelas X di MAN Godean. Kata kunci: Metode CPDL, pencapaian kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item