PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN DALAM PENDAMPINGAN SENI MUSIK DI RUMAH SINGGAH HAFARA YOGYAKARTA

Novenda Prahastiyani, Novenda (2016) PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN DALAM PENDAMPINGAN SENI MUSIK DI RUMAH SINGGAH HAFARA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Novenda Prahastiyani _ 12102244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penyelenggaraan pendampingan seni musik bagi anak jalanan di Rumah Singgah Hafara, (2) Dampak pelaksanaan pendampingan seni musik di Rumah Singgah Hafara, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendampingan seni musik di Rumah Singgah Hafara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola Rumah Singgah Hafara, pendamping Rumah Singgah Hafara dan anak jalanan Rumah Singgah Hafara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai narasumber dalam mencari informasi yang di butuhkan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Penyelenggaraan pendampingan seni musik bagi anak jalanan di Rumah Singgah Hafara yakni melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Dampak pelaksanaan pendampingan seni musik di Rumah Singgah Hafara: (a) Kecakapan akademik, anak memperoleh manfaat dari kegiatan pendampingan seperti mampu untuk membaca dan menulis, b) Kecakapan personal, anak jalanan memiliki pola berpikir yang terarah untuk masa depannya, c) Kecakapan sosial, anak jalanan dapat bersosialisasi dengan masyarakat melalui norma yang telah diajarkan serta diterapkan dalam kehidupannya,d)Kecakapan vokasional, anak jalanan sudah memiliki bakat dalam bermusik (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendampingan seni musik di Rumah Singgah Hafara, yaitu: (a) semangat dari anak jalanan untuk mengikuti pendampingan. (b) adanya motivasi dari pendamping dan relawan. (c) adanya pendamping yang menguasai seni musik. (d) adanya tempat yang permanen untuk kegiatan pendampingan. Faktor penghambatnya, yaitu : (a) fasilitas yang kurang maksimal. (b) karakter anak yang beragam. (c) pendanaan yang terbatas. Kata Kunci : Pemberdayaan, Pendampingan, Anak Jalanan, Rumah Singgah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34377

Actions (login required)

View Item View Item