NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG PADA TARI LAWET DAN RELEVANSINYA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN

Suryaningsih, surya (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG PADA TARI LAWET DAN RELEVANSINYA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah, fungsi, bentuk penyajian dan nilai- nilai pendidikan yang terkandung pada tari Lawet serta relevansi tari Lawet bagi pembentukan karakter siswa di SMP N 2 Karanganyar Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Nilai- nilai pendidikan sebagai objek formal dan tari Lawet sebagai objek material. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, dan pencipta tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan : (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan display data. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menyebutkan bahwa berdasarkan sejarahnya, tari Lawet diciptakan dengan proses eksplorasi yang panjang. Fungsi tari Lawet tidak hanya sebagai tari ikon Kabupaten Kebumen, hiburan dan pertunjukan, tetapi juga sebagai sarana pendidikan. Bentuk penyajian tari Lawet terdiri dari gerak, iringan, serta tata rias dan busana. Nilai- nilai pendidikan yang terkandung dalam tari Lawet yaitu nilai pendidikan religius, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, cinta ilmu, sosial, ekologis, tangguh, berani mengambil resiko, dan berorientasi tindakan. Dari 25 nilai karakter terdapat 12 nilai pendidikan tari Lawet yang sesuai. Nilai karakter yang tidak terdapat pada nilai- nilai pendidikan tari Lawet diterapkan melalui proses belajar mengajar. Relevansinya, nilai- nilai pendidikan tari Lawet sangat berpotensi untuk diterapkan guna membentuk karakter dan kepribadian siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakter, nilai-nilai pendidikan, relevansi, tari Lawet
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34371

Actions (login required)

View Item View Item