STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR TIK MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER INTERAKTIF DENGAN BUKU AJAR BAGI SISWA KELAS VII DI SMP N 4 WATES

Rizki, Wikandari (2016) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR TIK MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER INTERAKTIF DENGAN BUKU AJAR BAGI SISWA KELAS VII DI SMP N 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rizki Wikandari - 08520244007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR TIK MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER INTERAKTIF DENGAN BUKU AJAR BAGI SISWA KELAS VII DI SMP N 4 WATES Rizki Wikandari 08520244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pembelajaran berbantuan komputer interaktif dan buku ajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK “Perangkat Lunak Komputer” siswa kelas VII di SMP N 4 Wates Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitaian ini adalah quasi eksperimental. Desain yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII semester 2 di SMP N 4 Wates Kulon Progo, yaitu kelas VIIA (dengan pembelajaran berbantuan komputer interaktif) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB (dengan pembelajaran buku ajar) sebagai kelas kontrol dengan masing-masing 32 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi yang berupa silabus mata pelajaran TIK dan hasil kondisi awal dengan pretest dan kondisi akhir dengan posttest. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas butir soal berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dengan olah data menggunakan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan komputer interaktif lebih baik sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk hasil belajar siswa daripada dengan pembelajaran buku ajar. Hal ini ditunjukkan oleh uji hipotesis posttest. Hasil uji hipotesis posttest dengan Uji T, nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α = 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya pembelajaran buku ajar berbeda dengan pembelajaran berbantuan komputer interaktif sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk hasil belajar siswa. Pada analisis diskriptif data posttest dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan komputer interaktif lebih baik sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk hasil belajar siswa dari pada pembelajaran buku ajar pada materi perangkat lunak komputer. Kata Kunci Perbandingan, media pembelajaran, pembelajaran berbantuan komputer interaktif, buku ajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34366

Actions (login required)

View Item View Item