PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Rizki, Muharsantika (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rizki Muharsantika-10501241029.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK MA’ARIF 1 WATES Oleh : Rizki Muharsantika NIM 10501241029 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi menggambar teknik siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. Kompetensi dalam penelitian ini terdiri dari tiga aspek yaitu aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotorik. Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Wates dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas X paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bersiklus. Penelitian dilaksanakan dengan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar kerja siswa untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik, dan dokumen nilai siswa tahun sebelumnya untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif dan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan pada masing-masing indikator pengamatan aktivitas siswa adalah 80% siswa dinyatakan lulus dan nilai rata-rata memperoleh minimal 7,5. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan aspek afektif siswa. Siklus I persentase siswa lulus sebesar 71,84% meningkat pada Siklus II menjadi 90,03%, (2) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan aspek kognitif siswa. Persentase siswa lulus tahun sebelumnya 78,79% dengan nilai rata-rata 7,92 menurun pada posttest Siklus I menjadi 69,70% dengan nilai rata-rata 7,70. Pada Siklus II aspek kognitif siswa mengalami peningkatan menjadi 87,88% dengan nilai rata-rata 8,03, (3) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan aspek psikomotorik siswa. Persentase siswa lulus tahun sebelumnya 75,76% dengan nilai rata-rata 7,80 menurun pada hasil psikomotorik Siklus I menjadi 65,15% dengan nilai rata-rata 7,62. Pada Siklus II, hasil psikomotorik siswa mengalami peningkatan menjadi 96,77% dengan nilai rata-rata 8,23. Kata kunci: gambar teknik, kompetensi, penelitian tindakan kelas, project based learning Oleh : Rizki Muharsantika NIM 10501241029 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi menggambar teknik siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. Kompetensi dalam penelitian ini terdiri dari tiga aspek yaitu aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotorik. Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Wates dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas X paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bersiklus. Penelitian dilaksanakan dengan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar kerja siswa untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik, dan dokumen nilai siswa tahun sebelumnya untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif dan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan pada masing-masing indikator pengamatan aktivitas siswa adalah 80% siswa dinyatakan lulus dan nilai rata-rata memperoleh minimal 7,5. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan aspek afektif siswa. Siklus I persentase siswa lulus sebesar 71,84% meningkat pada Siklus II menjadi 90,03%, (2) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan aspek kognitif siswa. Persentase siswa lulus tahun sebelumnya 78,79% dengan nilai rata-rata 7,92 menurun pada posttest Siklus I menjadi 69,70% dengan nilai rata-rata 7,70. Pada Siklus II aspek kognitif siswa mengalami peningkatan menjadi 87,88% dengan nilai rata-rata 8,03, (3) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan aspek psikomotorik siswa. Persentase siswa lulus tahun sebelumnya 75,76% dengan nilai rata-rata 7,80 menurun pada hasil psikomotorik Siklus I menjadi 65,15% dengan nilai rata-rata 7,62. Pada Siklus II, hasil psikomotorik siswa mengalami peningkatan menjadi 96,77% dengan nilai rata-rata 8,23. Kata kunci: gambar teknik, kompetensi, penelitian tindakan kelas, project based learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34362

Actions (login required)

View Item View Item