STUDI AKTIVITAS BAKTERI ASAM LAKTAT (L. PLANTARUM DAN L. FERMENTUM) TERHADAP KADAR PROTEIN MELALUI PENAMBAHAN TEPUNG KEDELAI PADA BUBUR INSTAN TERFERMENTASI

Trinanda, Muh Ade (2015) STUDI AKTIVITAS BAKTERI ASAM LAKTAT (L. PLANTARUM DAN L. FERMENTUM) TERHADAP KADAR PROTEIN MELALUI PENAMBAHAN TEPUNG KEDELAI PADA BUBUR INSTAN TERFERMENTASI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas bakteri asam laktat L. plantarum dan L. fermentum ditinjau dari kadar protein yang terdapat dalam bubur instan terfermentasi dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas bakteri asam laktat L. plantarum dan L. fermentum dalam proses fermentasi bubur instan dengan dan tanpa penambahan tepung kedelai pada berbagai variasi lama fermentasi. Subjek penelitian ini adalah bubur instan yang terbuat dari tepung bonggol pisang dengan dan tanpa tepung kedelai hasil fermentasi oleh bakteri asam laktat. Objek penelitian ini adalah kandungan protein terlarut pada bubur instan tepung bonggol pisang dengan dan tanpa tepung kedelai yang difermentasi oleh bakteri asam laktat. Jenis bakteri asam laktat yang digunakan yaitu L. plantarum dan L.fermentum. Variasi lama fermentasi yang dilakukan adalah 24, 48, dan 72 jam. Penentuan kadar protein terlarut dengan metode Lowry menggunakan larutan standar kasein dengan terlebih dahulu panjang gelombang maksimum, menentukan waktu kestabilan, dan kurva standar protein. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan aktivitas bakteri asam laktat L. plantarum dan L. fermentum ditinjau dari kadar protein menunjukkan pola aktivitas yang berbeda antara hasil fermentasi tepung bonggol pisang dengan dan tanpa penambahan tepung kedelai pada berbagai variasi lama fermentasi. Ada perbedaan aktivitas bakteri asam laktat L. plantarum dan L. fermentum ditinjau dari kadar protein yang terdapat dalam bubur instan terfermentasi dari tepung bonggol pisang dengan dan tanpa penambahan tepung kedelai pada berbagai variasi lama fermentasi. Perbedaan aktivitas kedua bakteri dipengaruhi oleh pH yang terbentuk ketika fermentasi berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tepung bonggol pisang, tepung kedelai, lama fermentasi, aktivitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Jun 2016 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34359

Actions (login required)

View Item View Item