PENERAPAN RESOURCE BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 2 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Hadiningtyas, Aryo Putro (2016) PENERAPAN RESOURCE BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 2 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aryo Putro Hadiningtyas 10504245004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN RESOURCE BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK N 2 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Oleh : Aryo Putro Hadiningtyas NIM 10504245004 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang ditinjau dari faktor siswa meliputi keaktifan, kreativitas, rasa senang belajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran resource based learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPBO/B SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Penelitian menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tiga siklus dimana dalam setiap siklus diawali dengan pre test dan diakhir pelajaran dilakukan post test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar catatan lapangan, soal test dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase untuk mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran. Melalui proses diskusi ditemukan siswa lebih aktif, kreatif dan memiliki rasa senang belajar, yang selanjutnya berdampak pada penyerapan materi ajar oleh siswa lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kualitas proses pembelajaran yang ditandai dengan peningkatan pada siklus I indikator aktif 63%, indikator kreatif 26% dan indikator rasa senang belajar 56%. Pada siklus II didapatkan peningkatan indikator aktif 76%, indikator kreatif 60% dan indikator rasa senang belajar 76%, selanjutnya pada siklus III didapatkan peningkatan indikator aktif 80%, indikator kreatif 70% dan indikator rasa senang belajar 86%. Selanjutnya peningkatkan ketercapaiaan nilai KKM oleh siswa pada siklus I sebesar 50%, selanjutnya meningkat pada siklus II menjadi 63%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80%. Kata kunci : Keaktifan, Kreativitas, Rasa senang belajar, Hasil belajar siswa, Resource based learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34352

Actions (login required)

View Item View Item