Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa SMA

Setiyanto, Arif (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-setiyanto-14726251002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran fisika dengan model PBL berdasarkan hasil penilaian, (2) mengukur keefektifan perangkat pembelajaran fisika dengan model PBL yang dikembangkan, dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini, meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) revisi pertama, (5) uji coba lapangan pendahuluan, (6) revisi kedua, (7) uji coba lapangan utama, dan (8) revisi produk akhir. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar wawancara guru, lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan soal tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Kalasan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 89 orang, terdiri dari 5 orang validator, 28 siswa pada uji coba terbatas, dan 56 siswa pada uji coba luas. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis menggunakan konversi skor skala 4. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dianalisis dengan skor gain dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaan fisika dengan model problem based learning yang terdiri dari silabus, RPP, buku guru, buku siswa, LKS, dan instrumen penilaian. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran fisika layak digunakan dalam pembelajaran, dan hasil uji coba menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah menggunakan perangkat pembelajaran fisika hasil pengembangan memenuhi kriteria efektif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran fisika, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:13
Last Modified: 09 May 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34349

Actions (login required)

View Item View Item