Hubungan antara Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja dengan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sanggar Kegiatan Belajar Eks Karesidenan Semarang

Kisworo, Bagus (2012) Hubungan antara Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja dengan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sanggar Kegiatan Belajar Eks Karesidenan Semarang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bagus-kisworo-09704251006.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: 1) adanya hubungan antara motivasi dengan kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di SKB, 2) adanya hubungan antara disiplin dan kinerja PTK di SKB, 3) adanya hubungan antara lingkungan kerja dan kinerja PTK di SKB, 4) adanya hubungan antara motivasi kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja dengan kinerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, artinya semua informasi atau data penelitian diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis dengan statistik. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah analisis korelasi Pearson dan korelasi ganda. Metode ini digunakan untuk mengetahui eratnya hubungan antara sebuah variabel independen dan sebuah variabel dependen, serta untuk mengetahui hasil uji hipotesis yang diusulkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) motivasi kerja dengan kinerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang berhubungan secara positif, ditandai oleh nilai koefisien korelasi pearson antar kedua variabel tersebut, yakni 0.364; 2) disiplin kerja dengan kinerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang berhubungan secara positif, ditandai oleh nilai koefisien korelasi pearson antar kedua variabel tersebut, yakni 0.476; 3) lingkungan kerja dengan kinerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang berhubungan secara positif, ditandai oleh nilai koefisien korelasi pearson antar kedua variabel tersebut yakni 0.709; dan 4) motivasi kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja dengan kinerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang secara bersama-sama berhubungan secara positif, ditandai oleh nilai R Summary antar ketiga variabel tersebut dengan kinerja, yakni sebesar 0,758. Berdasarkan hal tersebut diharapkan: 1) ada upaya meningkatkan motivasi kerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang, baik pimpinan maupun PTK dengan menggunakan cara-cara baru, misalnya dengan reward yang lebih besar, atau penghargaan terhadap PTK yang berprestasi secara konsisten, 2) ada upaya meningkatkan disiplin kerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang, dengan menggunakan cara penegakan displin melalui pembaruan sarana penunjang kedisiplinan seperti alat presensi berupa finger print atau alat sejenis sehingga tidak terjadi penyimpangan data, serta meningkatkan kesadaran bersama untuk menjunjug tinggi kedisiplinan di kantor, 3) Lingkungan kerja PTK di SKB Eks Karesidenan Semarang, baik menyangkut kehidupan sosial, kondisi psikologis, maupun kondisi fisik menjadi tanggung jawab bersama baik dari pmpinan lembaga tertinggi hingga para PTK itu sendiri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja, kinerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2016 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34348

Actions (login required)

View Item View Item